biotin
Product Highlight

Yuk Konsumsi Makanan yang Mengandung Biotin!

Biotin merupakan salah satu zat yang kehadirannya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Biotin ketika berada di dalam tubuh memiliki peranan sebagai pemecah senyawa lemak dari kompleks menjadi sederhana. Kehadiran biotin juga merubah lemak di dalam tubuh menjadi energi dan protein sehingga kehadirannya mampu membuat sistem metabolisme berjalan stabil.

Kadar gula darah juga menjadi terkontrol dengan adanya biotin. Sistem metabolisme yang berjalan seimbang tersebut juga berdampak terhadap pembangunan sistem jaringan tubuh dan kesehatan kulit serta tubuh. Tubuh menjadi lebih sehat dan stabil dengan terpenuhinya biotin dengan baik. Biotin bisa diperoleh dari berbagai macam sumber, salah satunya adalah melalui makanan yang mengandung biotin. Makanan tersebut bisa kamu konsumsi setiap hari.

Ada banyak makanan yang mengandung biotin di dalamnya. Kamu bisa memilih beberapa dari makanan-makanan tersebut. Makanan pertama yang memiliki kandungan biotin adalah kuning telur. Kuning telur 50 mg memiliki kandungan biotin sebanyak 10 mcg. Kandungan tersebut mampu mencukupi kebutuhan biotin pada orang dewasa.

Kedua, kacang-kacangan dan biji-bijian. Makanan tersebut memiliki kandungan biotin yang berbeda-beda bergantung pada jenis kacang dan biji-bijian yang dikonsumsi, misal pada kacang almond panggang memiliki kadar biotin sebanyak 2,6 mcg.

Ketiga, hati ayam dan sapi. Hati ayam dan sapi sebanyak 75 gram mampu mencukupi kebutuhan biotin sebanyak 31 mcg dan kandungan hati ayam memiliki kadar biotin sebanyak138 mcg.

Keempat ubi, ubi memiliki kandungan biotin sebanyak 2,4 mcg pada 125 gram olahan ubi.

Cara yang Tepat Untuk Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Biotin

Makanan yang memiliki kandungan biotin bisa kamu konsumsi untuk mencukupi angka kebutuhan biotin setiap harinya. Kamu bisa memvariasikan makanan yang kamu konsumsi agar tidak bosan. Banyak  makanan yang mengandung biotin yang bisa kamu konsumsi asalkan cara konsumsi dilakukan secara baik dan benar. Berikut ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan biotin.

  • Kuning Telur

Mengonsumsi kuning telur sebagai salah satu sumber biotin yang benar adalah dengan mengonsumsi kuning telur saja tanpa putihnya. Putih telur justru dapat menghambat tubuh untuk menyerap biotin yang terdapat di dalam kuning telur. Ketika memasak kuning telur pastikan kamu telah memasaknya secara matang agar terhindar dari penyakit dan salmonella.

  • Kacang-Kacangan Dan Biji-Bijian

Mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian yang baik untuk memaksimalkan kandungan biotin adalah dengan dipanggang, dimakan mentah, dijadikan campuran salad atau kamu bisa mengolahnya menjadi selai rumahan.

  • Pisang

Pisang memiliki kandungan biotin sebanyak 0,2 mcg pada 105 gram pisang. Kamu bisa menikmati pisang secara langsung, dijadikan smoothies, jus atau dijadikan campuran es krim yang non dairy. Kamu bisa memilih bagaimana cara mengonsumsi pisang yang nyaman menurutmu.

  • Brokoli

Brokoli memiliki kandungan 0,4 mcg pada 45 gram brokoli. Kamu bisa menikmati brokoli dengan cara direbus, ditumis, dijadikan campuran sup dan dijadikan campuran salad. Kamu juga bisa menjadikan brokoli sebagai jus sayuran.

Makanan yang memiliki kandungan biotin selanjutnya adalah jamur, jamur memiliki kandungan biotin sebanyak 5,6 mcg pada 70 gram jamur. Kandungan biotin di dalam jamur juga mampu melindungi tubuh dari parasit yang mengganggu sistem metabolisme.

Makanan lainnya adalah alpukat. Alpukat memiliki 1,85 mcg biotin pada 200 gramnya. Kamu bisa menikmati alpukat secara langsung, dijadikan campuran salad ataupun dijadikan jus. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menikmati makanan yang memiliki kandungan biotin, semua bergantung pada seleramu.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *