bahaya hand sanitizer
Others

Kenali Bahaya Hand Sanitizer Akibat Penggunaan yang Salah

Semenjak adanya pandemi virus covid 19 atau lebih umum disebut dengan virus corona, membersihkan tubuh terutama tangan adalah hal yang wajib. Untuk membersihkan tangan, kamu perlu menggunakan air mengalir dan sabun. Hanya saja, tidak di semua tempat ditemukan wastafel dan sabun. Untuk itu, kamu bisa membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Sebelum menggunakannya, kamu perlu tahu cara dan waktu tepat untuk menggunakannya. Hal itu disebabkan ada bahaya tersembunyi dalam penggunaan hand sanitizer yang berlebihan dan tidak sesuai dengan aturan. Beberapa bahaya hand sanitizer tersebut adalah sebagai berikut.

Resistensi Bakteri

Kandungan bahan kimia yang ada di dalam hand sanitizer memang sangat efektif untuk membasmi bakteri. Salah satu bahan yang umum terkandung di dalam hand sanitizer dengan tujuan untuk melawan bakteri adalah triclosan. Hanya saja, ada efek negatif dari triclosan apabila kamu menggunakan hand sanitizer terlalu sering. Efek negatif tersebut adalah bisa membuat bakteri kebal terhadap antibiotik. Bila itu terjadi, bakteri akan tetap menempel pada tangan tanpa bisa mati. Untuk menghindarinya, janganlah terlalu sering menggunakan hand sanitizer, ya.

Kekebalan Tubuh Menurun

Tidak semua bakteri yang menempel itu berbahaya. Jadi, ada beberapa jenis bakteri baik yang bisa membentuk daya tahan tubuh. Menggunakan terlalu banyak dan terlalu sering hand sanitizer bisa menyebabkan tidak hanya bakteri jahat tetapi bakteri baik pun ikut terbunuh. Bakteri baik di kulit yang ikut terbunuh akan menyebabkan penyakit lebih mudah menyerang. Tidak hanya itu, sistem imun pun bisa menurun. Hal itu semua bisa disebabkan oleh penggunaan hand sanitizer berlebih, ya.

Beberapa Hand Sanitizer Mengandung Bahan Kimia Berbahaya

Sebagai alternatif pembersih tangan yang mengandung bahan kimia, ada beberapa bahan yang bisa menyebabkan bahaya pada tubuh. Bahkan, dalam sebuah penelitian dilaporkan kalau penggunaan hand sanitizer terlalu sering bisa menyebabkan kadar pestisida dalam tubuh semakin tinggi. Hal itu disebabkan oleh kandungan pewangi yang disebut dengan phthalate yang seringkali terkandung dalam hand sanitizer. Zat tersebut juga menjadi penyebab beberapa penyebab alergi, asma, hingga kanker. Penggunaan hand sanitizer berlebih bisa juga menyebabkan gangguan fungsi otot jantung.

Menyebabkan Efek Hormonal

Sebagai salah satu bahan yang banyak kandungan bahan kimia, hand sanitizer juga tidak baik digunakan oleh ibu hamil terutama hand sanitizer dengan kandungan triclosan. Dalam sebuah penelitian juga telah dibuktikan kalau triclosan bisa menjadi penyebab timbulnya masalah pada perkembangan janin. Bahkan, di tahun 2010 juga ditemukan pada penelitian kalau triclosan tersebut bisa menjadi penyebab dari gangguan estrogen.

Penyebab Masalah Kulit

Kulit adalah bagian yang paling rawan terkena dampak langsung dari penggunaan hand sanitizer karena penggunaan hand sanitizer memang langsung ke kulit. Salah satu efek langsung yang dirasakan banyak orang setelah penggunaan hand sanitizer secara berlebih adalah kulit tangan yang mudah kering. Bahkan, ada beberapa orang yang terkena iritasi kulit. Tidak hanya itu, kulit juga lebih rentan untuk keriput.

Menggunakan hand sanitizer memang baik. Hanya saja, gunakan secara secukupnya dan tidak perlu terlalu sering. Penggunaan hand sanitizer paling aman adalah selama lima kali berturut-turut setelah itu kamu perlu mencuci tangan dengan air. Memilih hand sanitizer terbaik yang bebas bahan kimia berbahaya dan mengandung pelembap bisa menjadi salah satu pilihan yang paling tepat untukmu.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *