sunblock
Skin Care

5 Tips Memilih Sunblock Sesuai Jenis Kulit Wajah

Salah satu skincare yang memiliki manfaat sangat besar untuk kulit wajah adalah sunblock karena produk ini dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Oleh sebab itu, kamu sangat diwajibkan menggunakan produk ini. Apalagi jika kamu senang beraktivitas diluar ruangan, pastinya menggunakan sunblock akan bermanfaat untuk kamu. Lalu bagaimana cara memilih sunblock yang cocok dengan jenis kulit kamu? Yuk simak tipsnya berikut ini.

1. Ketahuilah Jenis Kulitmu Terlebih Dahulu

Sebelum membeli sunblock, kamu harus tahu jenis kulitmu sendiri. Apakah kering, berminyak, sensitif, atau kombinasi? Hal ini berpengaruh pada jenis yang akan kamu pilih nantinya. Jika kamu memiliki tipe kulit berjerawat, maka pilihlah yang memiliki tekstur lebih ringan, contohnya sunblock berbentuk gel. Untuk kamu yang memiliki kulit kering, sunblock dengan jenis apa saja bisa kamu pilih asalkan sesuai dengan kulit kamu, tetapi jangan lupa untuk mengoleskan pelembap terlebih dahulu sebelum memakai sunblock. Bagi kamu yang kulit sensitif dimana sangat rentan mengalami alergi, pilihlah produk yang mengandung mineral aktif sehingga bisa jadi pilihan yang aman.

2. Tingkat Perlindungan

Saat kamu mencari sunblock, perhatikan tulisan broad spectrum yang tertera pada botolnya. Rata-rata sunblock memiliki kandungan UV B sangatlah populer, tapi kandungan itu saja cukup untuk melindungi kulit. Adapun kandungan broad spectrum tentu memiliki kandungan yang dapat melindungi kulit wajah kamu dari paparan sinar UV A dan juga UV B.

3. Kadar SPF

Salah satu pertimbangan dalam memilih sunblock adalah SPF atau Sun Protection Factor. Kandungan ini menjadi indikasi yang dapat memberimu informasi tentang bagaimana sunblock pilihanmu dapat membantu melindungi kulit wajah ketika berada dibawah sinar matahari. Pada umumnya, kadar SPF yang direkomendasikan oleh banyak pakar kesehatan dan kecantikan adalah SPF 30. Karena dinilai sangat ringan dan cocok pada semua jenis kulit. Namun semakin tinggi kadar SPF-nya, maka proteksi akan lebih baik. Adapun kandungan SPF 30 bisa menjadi penghalang bagi paparan sinar UV B hingga 97 persen.

4. Jenis Sunblock

Pada umumnya sunblock dengan jenis krim dapat diaplikasikan ke seluruh bagian tubuh, salah satunya wajah. Adapun jenis gel akan lebih cocok digunakan pada area tubuh yang memiliki rambut, salah satunya tubuh serta dada pada pria. Tetapi, jika kamu ingin mendapatkan perlindungan ekstra untuk bagian bawah mata, kamu bisa menggunakan yang jenis stick. Selain beberapa jenis tersebut, terdapat pula sunblock cair yang bisa digunakan dengan cara disemprot kemudian diratakan ke seluruh permukaan kulit. Tetapi jenis cair ini sebaiknya tidak langsung diusapkan ke bagian wajah. Cara pakainya adalah semprotkan terlebih dulu pada telapak tangan, kemudian usapkan secara merata pada seluruh area wajah. Sekarang, kamu sudah siap untuk beraktivitas.

5. Tekstur Sunblock Sangatlah Penting

Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat, sebaiknya pilihlah jenis sunblock dengan tekstur ringan agar tidak memperparah kondisi kulit. Saat membeli di toko, mintalah tester agak kamu dapat mencoba sunblock sedikit sebelum memutuskan untuk membeli. Oleskan produk sedikit pada tangan sehingga kamu bisa merasakan apakah produk tersebut cepat meresap di kulit wajah atau cenderung berat. Sangat disarankan untuk memilih produk sunblock yang tidak lengket di kulit dan tidak akan meninggalkan bekas putih ketika kamu aplikasikan di area wajah.

Keempat tips diatas dapat kamu lakukan saat memilih sunblock yang sesuai dengan jenis kulit, pastikan produk yang kamu pilih memiliki bahan yang aman dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Semoga ulasan ini dapat membantu kamu.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *